Program Kegiatan "Mutiara Ilmu"

Komentar

Deskripsi Kegiatan

Pengembangan Diri Kegiatan Ekstra Kurikuler

  1. Kegiatan Pengembangan Diri Ekstrakurikuler

             Pengembangan potensi peserta didik sebagaimana dimaksud dalam tujuan pendidikan nasional tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan salah satu kegiatan dalam program kurikuler.  Kegiatan ekstrakurikuler adalah program kurikuler yang alokasi waktunya tidak ditetapkan dalam kurikulum.

Kegiatan ekstrakurikuler menjembatani kebutuhan perkembangan peserta didik yang berbeda; seperti perbedaan sense akan nilai moral dan sikap, kemampuan, dan kreativitas. Melalui partisipasinya dalam kegiatan ekstrakurikuler peserta didik dapat belajar dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan orang lain, serta menemukan dan mengembangkan potensinya. Kegiatan ekstrakurikuler juga di SMP Negeri 1 Koba ditetapkan berdasarkan bakat dan minat siswa, semua siswa diharuskan mengikuti minimal 1 jenis kegiatan ekskul.

Jenis kegiatan ekstrakurikuler yang ditetapkan oleh SMP Negeri 1 Koba untuk dilaksanakan di sekolah terbagi atas bidang olahraga, seni, Keagamaan, Keterampilan bahasa, Science dan ekskul berbasis lingkungan hidup.

Jenis ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh SMP Negeri 1 Koba :

  1. Pramuka
  2. Rohis
  3. Adiwiyata,
  4. Club Kader UKS
  5. Kader PIK-R
  6.  Club Sains IPA,
  7. Club Sains MTK,
  8. Club Sains IPS
  9. Club Story Telling
  10. Vocal Solo,
  11. Gitar Klasik
  12. Desain Poster,
  13.  Karya Ilmiah / Mading Bahasa
  14. Bulu Tangkis,
  15. Bola Volly,
  16.  Atletik,
  17. Sepak  Bola,

Waktu pertemuan kegiata ekstra kurikuler setara 2 jam pelajaran, equivalen dengan 80 menit. Adapun penilaian hasil belajar kegiatan ekstrakurikuler masuk dalam penilaian E_Raport setiap semester.