Program Kegiatan "Mutiara Ilmu"

Komentar

Deskripsi Kegiatan

PBKL / Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal

Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal /PBKL (Pembelajaran Terintegrasi Muatan Lokal )

Muatan lokal diartikan sebagai program pendidikan yang isi dan media penyampaiannya dikaitkan dengan lingkungan alam, lingkungan sosial dan lingkungan budaya serta kekayaan alam/kekayaan adat istiadat tradisi/potensi daerah yang perlu dilestarikan dan diajarkan kepada peserta didik.

Pendidikan berbasis keunggulan local atau disingkat dengan PBKL identik dengan materi  Muatan lokal diselenggarakan oleh sekolah dengan memperhatikan sumber daya pendidikan yang tersedia.  Pengembangan PBKL/muatan lokal oleh sekolah dilakukan oleh tim pengembang kurikulum di sekolah dengan melibatkan komite sekolah, nara sumber, dan pihak lain terkait.  Pengembangan mulok di Bangka Tengah dilakukan oleh tim pengembang kurikulum Kabupaten dan perwakilan dari sekolah SD, SMP, SMA/SMK, dapat melibatkan nara sumber dari Puskur Jakarta.

Berdasarkan inventarisasi hasil analisis konteks Oleh TPK Bangka Tengah, hampir semua kompetensi memiliki nilai komparatif, kompetitif dan nilai jual.  Sumber Daya Alam di Bangka tengah berupa; Pertanian, perkebunan, potensi kelautan, perairan dan potensi perikanan.

  • Sumber Daya Manusia ; Penduduk asli Bangka Tengah dan penduduk pendatang yang berkualitas, Populasi yang masih berkembang
  • Letak Geografis ; wilayah Bangka Tengah merupakan kabupaten pesisir daerah dataran rendah yang memiliki potensi untuk dikembangkan

Berdasarkan  semua kompetensi tersebut diatas dalam pelaksanaan PBKL ( pendidikan berbasis Keunggolan Lokal ) melalui muatan lokal yang terintergrasi dengan mata pelajaran maka  Maka Tim Pengembang Kurikulum Mulok Bangka Tengah menetapkan jenis mulok yang bisa diintegrasikan dalam mata pelajaran berdasarkan potensi dan kekayaan alam unik di kabupaten Bangka Tengah dan dijadikan sebagai muatan lokal wajib adalah:

  1. Pertanian
  2. Budidaya Padi / pesawahan
  3. Perkebunan

Tanaman perkebunan unggulan : tanaman gaharu, Lada, dan Sawit

  1. Kelautan dan Perikanan
  2. Hutan Pelawan

Sedangkan muatan lokal pilihan yang ditawarkan adalah:

1. Kerajinan anyaman batang Resam

2. Bahasa daerah

3. Seni musik dambus tradisional

Bidang Bidang-Bidang Dan Strategi Pembelajaran PBKL / Mulok di SMP Negeri 1 Koba diintegrasikan dengan mata pelajaran yaitu :

  • Seni budaya
  • Prakarya/ Keterampilan
  • PJOK
  • Bahasa Indonesia
  • IPA
  • IPS,  dan mata pelajaran lainnya apabila ada Kompetensi Dasar yang sesuai.

Pada prinsipnya pendidikan berbasis keunggulan local/ PBKL yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Koba, bukan mata pelajaran mandiri. Materi – materi muatan local semuanya diintegrasikan ke dalam mata pelajaran, baik mata pelajaran di kelas 7, kelas 8 maupun dikelas 9. Muatan pembelajaran terkait mulok berupa bahan kajian terhadap  keunggulan dan kearifan daerah dalam hal ini kekayaan dan potensi alam / budaya unik daerah Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah.