Program Kegiatan "Mutiara Ilmu"

Komentar

Deskripsi Kegiatan

Sekolah Aman Terintegrasi Pendidikan Karakter

Program Sekolah Aman Bencana Terintegrasi Pendidikan Karakter

            Indonesia sebagai negara maju yang masuk dalam zona ring of fire yang mengakibatkan rawannya bencana disetiap saat, maka seluruh masyarakat khususnya ekosistem pendidikan perlu lebih bersahabat dengan alam melalui dasar undang – undang nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.  Sangat penting bagi satuan pendidikan untuk memiliki program khusus dalam meningkatkan kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan sekolah, keluarga dan masyarakat dalam menghadapi risiko bencana, juga meningkatkan partisipasi dan membangun gotong royong, kerelawanan, serta kedermawanan para pemangku kepentingan di sekolah.

            Pengetahuan mengenai sekolah aman merupakan langkah awal untuk memastikan bahwa sekolah merupakan tempat belajar yang aman dan bukan merupakan yang membahayakan bagi kehidupan siswa ataupun warga sekolah lainnya.  Dalam hal manajemen dan tata kelola Satuan Pendidikan Aman Bencana di sekolah, maka implementasi yang dilaksanakan SMP Negeri 1 Koba adalah sebagai berikut :

  1. Membentuk Tim SPAB Sekolah
  2. Membuat Standar Operasional Pelaksanaan SPAB internal sekolah
  3. Melaksanakan Sosialisasi SPAB di sekolah
  4. Perencanaan kesiapsiagaan menghadapi bencana disekolah dalam bentuk prosedur tetap dan rencana kontingensi.
  5. Penyusunan rencana aksi untuk mendukung SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana)

Membangun budaya siaga, budaya aman, dan budaya pengurangan risiko bencana disekolah merupakan tujuan dari program sekolah aman bencana.  Dalam implementasinya program sekolah aman bencana dapat diintegrasikan dengan berbagai sektor yang bergerak dibidang pendidikan dan kebencanaan.

Proses pengelolaan kelas terdapat momen penguatan nilai – nilai pendidikan karakter yang terintegrasi Satuan Pendidikan Aman Bencana.   Pelaksanaan PPK terintegrasi Satuan Pendidikan Aman Bencana melalui pengelolaan kelas di SMP Negeri 1 Koba diimplementasikan melalui :

  1. Melaksanakan pembelajaran tematik terpadu melalui tema – tema yang mengandung nilai – nilai utama PPK yang terintegrasi SPAB diajarkan dalam bentuk pembelajaran baik dalam kelas maupun diluar kelas
  2. Penyusunan RPP yang memuat nilai – nilai PPK terintegrasikan SPAB
  3. Penataan ruang kelas agar aman dari risiko kecelakaan dan tidak membahayakan siswa ataupun guru
  4. Pengadaan fasilitas pendukung seperti adanya perlengkapan tanggap darurat disetiap ruangan
  5. Pengadaan alat pemadam kebakaranPengadaan kotak pertolongan pertama pada kecelakaan / P3K
  6. Penentuan lokasi sebagai Titik pusat evakuasi sekolah
  7. Pengadaan jalur – jalur evakuasi di sekolah
  8. Alarm atau tanda evakuasi