Program Kegiatan "Mutiara Ilmu"

Komentar

Deskripsi Kegiatan

Pendidikan Karakter Kepramukaan

Pendidikan Kepramukaan

Kepramukaan merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan, sekolah wajib mengembangkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang selalu teruji mutunya. Pendidikan kepramukaan terdiri atas pendidikan wajib kepramukaan dan kegiatan ekstrakurikuler pramuka.

Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik; dan bahwa nilai-nilai dalam sikap dan keterampilan sebagai muatan Kurikulum 2013 dan muatan Pendidikan Kepramukaan dapat bersinergi secara koheren.

SMP Negeri 1 Koba melaksanakan pendidikan kepramukaan dengan 3 sistem sesuai dengan Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Kepramukaan, yaitu :

  1. Model Blok,  merupakan kegiatan wajib dalam bentuk perkemahan yang dilaksanakan setahun sekali dan diberikan penilaian umum.
  2. Model Aktualisasi, merupakan kegiatan wajib dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari didalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan Kepramukaan secara rutin, terjadwal, dan diberikan penilaian formal.  
  3. Model Reguler merupakan kegiatan  sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di Gugus depan.

Dalam pelaksanaannya di SMP Negeri 1 Koba, Pendidikan kepramukaan diselenggarakan dengan mekanisme sebagai berikut :

  1. Setiap hari Kamis selama 1 jam pelajaran ekivalen dengan 40 menit, dilaksanakan pada jam terakhir kegiatan kepramukaan Wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas 7, kelas 8 dan kelas 9 dengan dibina , dibimbing dan dibina oleh guru SMP N 1 Koba yang telah memiliki sertifikat KMD
  2. Melaksanakan Perkemahan Perjusa atau Persami setiap tahun pelajaram minimal 1 kali
  3. Kegiatan ekstrakurikuler Pramuka bekerjasama dengan Kwaran dan Kwarda

Adalah kegiatan esktrakurikuler reguler yang dilaksanakan dalam  aktivitas Gugus Depan yang diikuti oleh siswa secara sukarela. Pembina Pramuka ekstrakurikuler berasal dari Anggota Kwarcab Bangka Tengah.

 

Pola Kegiatan Pendidikan Kepramukaan diwujudkan dalam bentuk upacara dan keterampilan Kepramukaan dengan  menggunakan berbagai metode dan teknik. Upacara sebagaimana dimaksud meliputi upacara pembukaan dan penutupan. Sedangkan materi Keterampilan Kepramukaan dilaksanakan sebagai perwujudan komitmen Kepramukaan dalam bentuk pembiasan dan penguatan sikap dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

Pembelajaran Kepramukaan  dituangkan dalam bentuk belajar interaktif dan progresif disesuaikan dengan kemampuan fisik dan mental peserta didik, jenjang pendidikan pramuka di SMP adalah Pramuka Siaga, yaitu Siaga Ramu, Siaga Terap dan Siaga Rakit.  Pemberian materi pengetahuan dan keterampilan mengacu pada program Pendidikan Pramuka Nasional. 

 SMP Negeri 1 Koba menjalankan pendidikan Kepramukaan  dengan meingintegrasikan pendidikan karakter. Pada dasarnya Pendidikan Kepramukaan merupakan salah satu cara pengembangan nilai- nilai karakter utama .

Setiap Pembina pramuka di SMP Negeri 1 Koba adalah tenaga pendidik yang sudah lulus, dan mendapatkan sertifikat pendidikan Kursus Mahir Dasar (KMD), yaitu syarat utama untuk membina melatih Pramuka.

   Program pendidikan Pramuka SMPN 1 Koba dilaksanakan dengan mengikuti materi umum Pendidikan Kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Setiap Pembina Pramuka wajib menyusun Program Semester, Rencana Pembelajaran Kepramukaan, Penugasan  dan Penilaian.

Adapun Penilaian dalam Pendidikan Kepramukaan dilaksanakan dengan menggunakan cara :

  1. Penilaian yang bersifat otentik mencakup penilaian sikap dan keterampilan.
  2. Penilaian sikap dilakukan dengan menggunakan penilaian berdasarkan pengamatan, penilaian diri, dan penilaian teman sebaya.
  3. Penilaian keterampilan dilakukan dengan menggunakan penilaian unjuk kerja. Penilaian sikap dan keterampilan menggunakan jurnal pendidik dan portofolio.
  4. Nilai pendidikan Pramuka masing – masing siswa tercantum dalam Rapor siswa