Program Kegiatan "Mutiara Ilmu"

Komentar

Deskripsi Kegiatan

Gerakan Literasi dan Perpustakaan Sekolah

Pendidikan Berbasis Literasi dan  Pengembangan Perpustakaan

            Gerakan literasi merupakan kegiatan mengasah kemampuan mengakses, memahami, mengolah, dan memanfaatkan informasi secara kritis dan cerdas berlandaskan kegiatan membaca, menulis, dan berbicara untuk menumbuh kembangkan karakter seseorang menjadi tangguh, kuat, dan baik.  Berbagai kegiatan tersebut dilaksanakan secara terencana dan terprogram sedemikian rupa, baik dalam kegiatan – kegiatan berbasis budaya pada satuan pendidikan maupun dalam komunitas masyarakat.

            Setiap guru dapat mengajak peserta didik membaca, menulis, menyimak, dan mengkomunikasikan secara teliti, cermat dan tepat tentang suatu tema atau topik yang ada di berbagai sumber, baik buku, surat kabar, media sosial, maupun media – media lain.  Kreatifitas guru merupakan faktor penting dalam menyajikan program dan kegiatan membaca, menulis, menyimak dan berbicara secara cerdas, agar peserta didik dapat menginternalisasi nilai – nilai positif yang terkandung didalamnya. Pembiasaan membaca buku nonpelajaran selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai, sebagaimana diatur dalam Permendikbud nomor 23 tentang Penumbuhan Budi Pekerti perlu menjadi salah satu alternative untuk menumbuhkan dan memulai gerakan Literasi di sekolah.

            Gerakan Literasi yang dikembangkan di SMP Negeri 1 Koba :

  1. Literasi klasik Buku Nonpelajaran ( membaca, menulis, berhitung ) dengan sasaran memahami bacaan dan tulisan
  2. Literasi Digital berakar dari komputer dan peralatan digital, butuh keterampilan mempelajari alat-alat baru (gawai), keterampilan mempergunakan gawai baru.
  3. Literasi Audio Visual terkait dengan penggunaan media elektronik, seperti film, televisi dan fokus pada gambar bergerak, urutan gambar dalam proses pembelajaran.

            Pengembangan perpustakaan sangat erat kaitannya dengan program Gerakan Literasi yang diLaksanakan di SMP Negeri 1 Koba. Perpustakaan sekaolah dan perpustakaan kelas memegang peranan dalam keberhasilan literasi disekolah. Perpustakaan SMP Negeri 1 Koba sudah memiliki akreditasi dengan predikat B.

Adapun program literasi SMPN 1 Koba adalah sebagai berikut :

  1. Membentuk Tim Literasi Sekolah
  2. Pembiasaan membaca buku non pelajaran selama 15 menit setiap hari
  3. Mengembangkan perpustakaan kelas / pojok baca kelas bekerja sama dengan paguyuban kelas  dan komite / orang tua / wali murid dengan koleksi buku non pelajaran minimal 100 eksemplar
  4. Mengembangkan pojok baca di beberapa titik lokasi sekolah yang srategis misalnya, di ruang lobi sekolah, di ruang BK, ruang guru, ruang pertemuan, ruang kesenian, ruang UKS, dan Musholla.
  5. Mengembangkan  perpustakaan sekolah bekerja sama dengan perpustakaan daerah, perpustakaan sekolah lain, dan komunitas masyarakat dibidang penambahan koleksi buku, Koleksi e_book dan kegiatan perpustakaan lainnya.
  6. Mengembangkan Mading kelas dan Mading Sekolah melalui pembentukan Tim mading yang beranggotakan guru dan siswa
  7. Mengembangkan ekstrakurikuler Keterampilan berbahasa dan Karya Ilmiah Remaja yang selama ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan ekstrakurikuler bidang lainnya
  8. Mengembangkan gerakan Sagu Sabu ( Satu Guru Satu Buku ) dan Sawa Sabu ( Satu Siswa Satu Buku ) dengan tujuan akhir yaitu sekolah membantu mencetak buku hasil karya guru maupun siswa
  9. Melaksanakan kegiatan Literasi dan lomba – lomba Literasi di sekolah  : Pemilihan Duta Baca, pembentukan kader perpustakaan, lomba pojok baca, lomba menulis essai, lomba cipta baca puisi, lomba mading kelas, lomba film pendek, lomba pidato,  dan lomba Karya Ilmiah.

      Kegiatan Literasi Audio Visual di SMP Negeri 1 Koba lebih diprioritaskan pada pemahaman guru dan komptensi guru dalam membuat media pembelajaran berbasis audio visual atau memanfaatkan media audio visual dalam kelas

      Adapun Literasi Digital yang menjadi program SMP Negeri 1 Koba adalah sebagai berikut :

  1. Memanfaatkan aplikasi  laman Rumah Belajar Kemdikbud dalam pembelajaran di kelas / di sekolah
  2. Pengelolaan Web Site sekolah / laman sekolah smpnegeri1koba.sch.id
  3. Memperbanyak koleksi E-Book di perpustakaan sekolah
  4. Mengembangkan pembelajaran berbasis internet di sekolah
  5. Menambah jumlah komputer di perpustakaan
  6. Menambah daya jaringan internet di sekolah